Senin, 12 Oktober 2015
Membuat Sendiri Data Otomatis Pada Excel
Halo rekans, ketemu lagi nih kita. Smoga ga bosen ya. Hehe..
Setelah kemarin kita membahas cara membuat data otomatis pada Excel, sekarang kita akan coba membuat data otomatis sendiri atau custom pada Excel.
Data otomatis dapat digunakan untuk mempermudah pengolahan data seperti data siswa yang sering digunakan guru untuk mencatat nilai akhir semester.
Dengan data otomatis ini, kita tidak perlu repot mengetik ulang setiap kali ingin memasukkan data-data tersebut.
Rekans coba buka aplikasi Microsoft Excel. Kita akan coba membuat data otomatis berupa nama siswa.
Bagaimana caranya? Pertama klik tombol Office yang ada di pojok kiri atas lalu pilih Excel Options.
Setelah itu akan muncul kotak dialog Excel Options. Klik tombol Edit Customs List.
Muncullah menu untuk membuat atau mengedit Custom Lists seperti berikut ini.
Pilih NEW LIST dan ketikkan daftar nama siswa yang akan dijadikan data otomatis pada bagian List entries. Pergunakan koma(,) sebagai pemisah antar data. Apabila sudah selesai menginput semua data, klik tombol Add.
Kita akan mendapatkan daftar Custom Lists baru di sebelah kiri sesuai dengan data inputan kita tadi.
Klik OK sampai kita kembali ke worksheet awal. Sekarang kita akan coba memanggil data otomatis yang sudah kita buat tadi.
Bagaimana caranya? Untuk menggunakannya, rekans cukup mengetikkan nama pertama siswa pada cell yanga akan diisi oleh data tersebut.
Sekarang coba rekans ketikkan data "Abdul Malik" pada cell C3. Lalu sorot kotak hitam kecil yang ada pada bagian kanan bawah cell lalu seret ke bawah.
Apabila benar, maka kita akan mendapatkan hasil daftar nama siswa dari mulai cell C3 sampai cell C6 sesuai dengan inputan data pada Custom Lists tadi.
Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat sendiri data otomatis pada Excel. Smoga bermanfaat
Sampai ketemu lagi di materi pembahasan berikutnya :-)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar