Setelah kemarin kita bermain dengan operator aritmatika, kali ini pembahasan materi adalah tentang format angka pada Excel.
Saat kita mengetikkan angka di Excel, kita akan mendapati tulisan angka standar tanpa titik maupun angka.
Contohnya jika kita mengetikkan angka 10000(sepuluh ribu) maka di lembar kerja Excel pun akan tertulis 10000.
Dalam beberapa kasus seperti penggunaan lembar kerja Excel untuk data keuangan, hal tersebut akan cukup menyulitkan untuk dibaca karena ketiadaan titik maupun koma pada angka tersebut.
Tujuan pemformatan angka ini adalah agar angka lebih mudah untuk dibaca, contohnya angka 10000 akan tertulis menjadi 10,000 dengan koma sebagai pemisah ribuan.
Sekarang coba rekans buka Excel nya dan ketikkan data sebagai berikut.
Perhatikan bahwa data terletak pada cell C3 sampai C7.
Langkah pertama adalah blok seluruh cell C3 sampai cell C7. Setelah itu klik tombol Format pada toolbar dan pilih Format Cells.
Kita akan mendapatkan tampilan menu Format Cells. Pilih tab Number dan pada kotak category pilih Number.
Centang pilihan Use 1000 Separator (,)
Kemudian klik OK. Kita akan mendapati hasil format angka dengan pemisah koma dan dua angka desimal di belakang koma.
Demikian tadi cara melakukan format angka pada Excel.
Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di pembahasan yang lain :-)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar